Prosedur Operasi Katarak

 

PROSEDUR OPERASI KATARAK

Prosedur bedah fakoemulsifikasi untuk menghilangkan katarak melibatkan sejumlah langkah. Setiap langkah harus hati-hati dan terampil dilakukan untuk mencapai hasil yang diinginkan. Langkah-langkah dapat digambarkan sebagai berikut:

Anestesi,
Paparan bola mata menggunakan spekulum tutup,
Masuk ke mata melalui sayatan minimal (kornea atau scleral)
Injeksi viskoelastik untuk menstabilkan ruang anterior dan untuk membantu menjaga mata bertekanan
Capsulorhexis
Hydrodissection pie
Hydro-delineasi
Kehancuran ultrasonik atau emulsifikasi katarak setelah nuklir retak atau memotong (jika diperlukan), aspirasi korteks lensa remanescent, kapsul polishing (jika diperlukan)
Implantasi, biasanya dilipat, lensa intra okular (IOL)
Penghapusan viskoelastik
Luka penyegelan / hidrasi (jika diperlukan).

Pupil berdilatasi menggunakan tetes (jika IOL yang akan ditempatkan di belakang iris) untuk membantu lebih memvisualisasikan katarak. Murid-konstriksi tetes dicadangkan untuk implantasi sekunder dari IOL di depan iris (jika katarak telah dihapus tanpa implantasi IOL primer). Anestesi dapat ditempatkan secara topikal (obat tetes mata) atau melalui injeksi sebelah (peribulbar) atau di belakang (retrobulbar) mata. Sedasi oral atau intravena juga dapat digunakan untuk mengurangi kecemasan. Anestesi umum jarang diperlukan, tetapi dapat digunakan untuk anak-anak dan orang dewasa dengan masalah medis atau kejiwaan tertentu. Operasi mungkin terjadi pada tandu atau kursi pemeriksaan berbaring. Kelopak mata dan kulit sekitarnya akan diusap dengan disinfektan. Wajah ditutupi dengan kain atau lembaran, dengan pembukaan untuk mata operasi. Kelopak mata diadakan terbuka dengan spekulum untuk meminimalkan berkedip selama operasi. Nyeri biasanya minimal dalam mata benar terbius, meskipun sensasi tekanan dan ketidaknyamanan dari cahaya mikroskop operasi terang umum. Permukaan mata tetap lembab dengan menggunakan obat tetes mata saline steril atau metilselulosa viskoelastik, ke dalam lensa mata dilakukan pada atau dekat mana kornea dan sclera bertemu (limbus = corneoscleral junction). Keuntungan dari sayatan kecil termasuk penggunaan sedikit atau tanpa jahitan dan memperpendek waktu pemulihan.

Sebuah capsulotomy (jarang dikenal sebagai cystotomy) adalah prosedur untuk membuka sebagian dari kapsul lensa, menggunakan alat yang disebut cystotome a.  Sebuah capsulotomy anterior mengacu pada pembukaan bagian depan kapsul lensa, sedangkan capsulotomy posterior mengacu pada pembukaan bagian belakang dari kapsul lensa. Pada fakoemulsifikasi, ahli bedah melakukan anterior capsulorhexis lengkung terus menerus, untuk membuat celah bulat dan halus melalui mana inti lensa dapat diemulsikan dan implan lensa intraokuler dimasukkan.

Setelah penghapusan katarak (ECCE atau fakoemulsifikasi melalui, seperti dijelaskan di atas), lensa intraokular biasanya dimasukkan. Setelah IOL dimasukkan, ahli bedah memeriksa bahwa sayatan tidak bocor cairan. Ini adalah langkah yang sangat penting, karena kebocoran luka meningkatkan risiko microrganisms diinginkan untuk mendapatkan akses ke mata dan predisposisi endophathalmitis. Sebuah kombinasi tetes mata antibiotik / steroid diletakkan dan perisai mata dapat diterapkan pada mata yang dioperasi, kadang-kadang dilengkapi dengan penutup mata.

Antibiotik dapat diberikan sebelum operasi, saat operasi, dan / atau pasca-bedah. Sering kortikosteroid topikal digunakan dalam kombinasi dengan antibiotik topikal pasca operasi.

Operasi yang paling katarak dilakukan di bawah anestesi lokal, yang memungkinkan pasien untuk pulang hari yang sama. Penggunaan penutup mata dapat diindikasikan, biasanya selama sekitar beberapa jam, setelah itu pasien diinstruksikan untuk mulai menggunakan obat tetes mata untuk mengendalikan peradangan dan antibiotik yang mencegah infeksi.

Kadang-kadang, iridectomy perifer dapat dilakukan untuk meminimalkan risiko pupil blok glaukoma. Pembukaan melalui iris dapat dibentuk secara manual (iridectomy bedah) atau dengan laser (disebut Nd-YAG Laser iridotomy). Laser perifer iridotomy dapat dilakukan sebelum atau setelah operasi katarak.

Lubang iridectomy lebih besar bila dilakukan secara manual dibandingkan bila dilakukan dengan laser. Ketika prosedur bedah manual dilakukan, beberapa efek samping negatif dapat terjadi, seperti bahwa pembukaan iris dapat dilihat oleh orang lain (estetika), dan cahaya dapat jatuh ke dalam mata melalui lubang baru, menciptakan beberapa gangguan visual. Dalam kasus gangguan penglihatan, mata dan otak sering belajar untuk mengimbangi dan mengabaikan gangguan selama beberapa bulan. Kadang-kadang iris pembukaan perifer dapat menyembuhkan, yang berarti bahwa lubang tidak lagi ada. Ini adalah alasan mengapa ahli bedah kadang membuat dua lubang, sehingga setidaknya satu lubang tetap terbuka.

Setelah operasi, pasien diinstruksikan untuk menggunakan tetes mata anti-inflamasi dan antibiotik selama dua minggu (tergantung pada status peradangan mata dan beberapa variabel lain). Para ahli bedah mata akan menentukan, berdasarkan kekhasan masing-masing pasien, lamanya waktu untuk menggunakan tetes mata. Mata akan sebagian besar sembuh dalam seminggu, dan pemulihan lengkap harus diharapkan dalam waktu sekitar satu bulan. Pasien tidak boleh berpartisipasi dalam kontak / olahraga ekstrim sampai dijinkan oleh ahli bedah mata


Hit Counter provided by shuttle service from lax